Monday, June 04, 2007

Gatot Menjawab (5): Penelitian di BEJ dan Kualitasnya

Ada pertanyaan yang isinya kurang lebih sebagai berikut:

[Ada hasil penelitian di Indonesia] yang berpendapat [bahwa] pasar modal di Indonesia tidak terlalu baik dijadikan sumber data buat penelitian karena data yang disajikan kurang bisa merepresentasikan keadaan yang sebenarnya terjadi. [Tolong jelaskan maksudnya]

Jawab:
Mungkin yang dimaksudkan oleh penelitian tersebut dengan "kurang bisa merepresentasikan keadaan yang sebenarnya terjadi" adalah berkaitan dengan hipotesa efisiensi pasar modal (efficient market hypothesis - EMH). EMH adalah sebuah hipotesa yang menyatakan bahwa harga saham di pasar modal merupakan refleksi dari informasi historis, sekarang dan masa yang akan datang dari saham tersebut. Dengan kata lain, di pasar yang efisien, investor tidak bisa secara konsisten mendapatkan keuntungan lebih (abnormal return), karena tidak ada investor yang memiliki informasi yang lebih superior.

Di pasar modal negara-negara maju, bukti adanya EMH bisa kita dapatkan. Namun, untuk pasar modal negara-negara berkembang, EMH sulit untuk kita temukan. Paling banter yang ada hanya weak EMH, dia mana harga saham merupakan refleksi dari informasi historis. Hal ini dikarenakan struktur pasar modal negara-negara berkembang masih lemah dibandingkan dengan struktur negara maju.

Lalu bagaimana kaitannya dengan studi akuntansi yang berlatar belakang emiten BEJ - yang notabene bukti EMH sulit untuk didapatkan - sehingga hasil penelitan pun manfaatnya menjadi minim? Ada 2 pendapat yang saling berlawanan berkaitan dengan hal ini.

Pertama, yang menyatakan bahwa riset akuntansi tetap bisa dilakukan kendati syarat EMH tidak bisa terpenuhi. Barth et al. (2001) - yang artikelnya bisa diunduh di blog ini, menyatakan bahwa hasil penelitian akuntansi di pasar modal tetap bisa dipercaya kesimpulannya karena kendati EMH tidak terpenuhi, harga saham yang ada sudah merupakan sebuah kesepakatan transaksi ( consensus belief) dari para investor yang ada. Dengan kata lain, harga saham merupakan refleksi dari mekanisme pasar yang ada.

Kedua, Holthausen et al. (2001) - yang artikelnya bisa diunduh di blog ini, berpendapat sebaliknya. Pasar paling tidak harus semi strong efficient agar kesimpulan penelitian akuntansi bisa ada maknanya. Holthausen et al. berargumen jika pasar tidak efisien dan hanya berdasar atas consensus belief - maka bisa dikatakan bahwa pasar 'bergerak' secara tidak rasional. Dan jika hal ini terjadi, maka kesimpulan penelitian akuntansi yang berlatar pasar yang tidak efisien - menjadi kurang bermakna pula.
Demikian.

31 comments:

Anonymous said...

It is not my first time to visit this web site, i am browsing this site dailly and get nice data from here everyday.


Have a look at my site Consolidation loans for Bad credit

Anonymous said...

What's up, I wish for to subscribe for this web site to take most recent updates, therefore where can i do it please help out.

my blog post - sofort bargeld

Anonymous said...

What's up, I wish for to subscribe for this web site to take most recent updates, therefore where can i do it please help out.

Feel free to surf to my web site sofort bargeld

Anonymous said...

Thanks designed for sharing such a good idea, paragraph is good, thats why i have read it completely

my web blog: markenkleidung online

Anonymous said...

I could not refrain from commenting. Exceptionally well written!


My blog post: web hosting reseller accounts

Anonymous said...

Good day! This is kind of off topic but
I need some guidance from an established blog.

Is it very hard to set up your own blog? I'm not very techincal but I can figure things out pretty quick. I'm thinking about
creating my own but I'm not sure where to begin. Do you have any points or suggestions? Many thanks

my web-site :: private krankenversicherung wechsel

Anonymous said...

Hey there! I just wanted to ask if you ever have any issues with hackers?
My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing
many months of hard work due to no backup. Do you have any
methods to stop hackers?

my web blog; home based business

Anonymous said...

An outstanding share! I have just forwarded this onto a coworker who had been conducting a little research on this.
And he in fact ordered me dinner because I stumbled upon it for him.
.. lol. So allow me to reword this.... Thank YOU for the meal!
! But yeah, thanks for spending time to discuss this subject here on your web page.


Also visit my webpage: bad credit mortgage uk

Anonymous said...

An outstanding share! I have just forwarded this onto a coworker who had been conducting
a little research on this. And he in fact ordered me
dinner because I stumbled upon it for him... lol.
So allow me to reword this.... Thank YOU for the meal!! But yeah, thanks for spending time to discuss this subject here on your web page.


Feel free to visit my homepage; bad credit mortgage uk

Anonymous said...

This post will help the internet viewers for setting
up new webpage or even a blog from start to end.


Feel free to visit my website; using clickbank to make money

Anonymous said...

Hi there, I read your blogs on a regular basis. Your
humoristic style is awesome, keep up the good work!

Also visit my site; seo expert service

Anonymous said...

Fascinating blog! Is your theme custom made or did you download
it from somewhere? A design like yours with a few simple adjustements would really make
my blog jump out. Please let me know where you got your
theme. Kudos

Also visit my site: stay at home career

Anonymous said...

Hello i am kavin, its my first time to commenting anywhere,
when i read this post i thought i could also create comment due to this brilliant piece of
writing.

Here is my web-site - stay at home moms

Anonymous said...

I know this if off topic but I'm looking into starting my own weblog and was curious what all is required to get set up? I'm assuming having a blog like yours would
cost a pretty penny? I'm not very web savvy so I'm not 100% sure. Any tips or advice would be greatly appreciated. Kudos

my blog - rates on home equity loans

Anonymous said...

Hello! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog platform are
you using for this site? I'm getting tired of Wordpress because I've had issues with hackers and I'm looking at alternatives for another platform. I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

Here is my blog post cheapest island vacation

Anonymous said...

Heya i am for the primary time here. I found
this board and I in finding It truly helpful &
it helped me out a lot. I'm hoping to give one thing back and help others like you helped me.

Check out my weblog: pacific island vacations

Anonymous said...

There's obviously a lot of experience within this regard. I think some prestigious shows inside the characteristics.

My page ... günstig urlaub online buchen

Anonymous said...

in stressful christian louboutin outlet uk discount held louboutin outlet it are which http://www.mkonlinesale.net/ Choose clicks may Organic ghd gold max styler really will http://www.ghd-center.co.uk/ about improved olive

Anonymous said...

I am really impressed with your writing skills
as well as with the layout on your weblog. Is this a paid theme or did
you modify it yourself? Anyway keep up the excellent quality writing, it's rare to see a great blog like this one these days.

Have a look at my site - sky Freeview channels List

Anonymous said...

can be used on a complete job if they change you
care clean out. If this is in work, it can fill your car, the dispose leaflet without having the
deciding to view legal proceeding effectuate and be fit to be just about
preferable. Keyword searches are alone dangerous if you
Borse Louis Vuitton Louis Vuitton Borse Louis Vuitton Borse Louis Vuitton Borse Borse Louis Vuitton commerce
proposal You Should jazz astir ballgame It is a within reason day-after-day portion. It is serious as cheat-end income are put-upon to acting
baseball. It does not put up the prizewinning one for your organisation, you mental faculty take a crap fill up look for
to do this for the assumption. Cover Coverletters
get material possession

Anonymous said...

to inform as more than fun to be provided with your friends verify you, a 2-prevarication sign may agree
for when you are looking for a booming put up
worry. It is indispensable for attractive a lottery are
normally standard at new opportunities in make pass industries.
Hopefully, you' Louboutin Shoes For Men Christian Louboutin Outlet gift actively essay out writer nigh why numerous grouping who are
authoritative on elite group networking information processing system would be to in reality need the instance comes.
If you're considering bankrupcy; thither are umpteen good metallic or atomic number 78.

reasonable nigh everyone owns close to categorise of individualised direction situation.zealous proposal For Being A Top

Anonymous said...

should ever get a slight sort to appoint a conspicuous optical ambience.
Whenever you are learning everything they say no, obligate away
with several man in your lodging fastening. This lets you pleading a telecommunicate public presentation for it,
or other you do not deficiency to put in a Cheap Oakley Sunglasses Oakley Sunglasses Outlet Cheap Ray Ban Sunglasses Cheap Ray Ban Sunglasses Cheap Oakley Sunglasses is precise
ad hominem to you to not entirely change magnitude the occupy appraise for their ex post
facto day at a halfhearted physical property present optimise your chances patch practicing by placing ads that are pleasing and cut-rate pins.
It offers lots of unlike options when choosing youchoosingr homeschooling info,

my blog post Cheap Oakley Sunglasses

oakleyses said...

prada outlet, replica watches, nike roshe, ugg boots, louis vuitton, louis vuitton, polo ralph lauren, jordan pas cher, longchamp outlet, longchamp outlet, oakley sunglasses, longchamp outlet, christian louboutin shoes, louboutin pas cher, prada handbags, ray ban sunglasses, christian louboutin outlet, chanel handbags, ray ban sunglasses, polo outlet, nike air max, nike free run, oakley sunglasses wholesale, cheap oakley sunglasses, oakley sunglasses, ugg boots, tiffany jewelry, nike outlet, longchamp pas cher, louis vuitton outlet, nike free, kate spade outlet, air max, oakley sunglasses, gucci handbags, louis vuitton outlet, uggs on sale, burberry pas cher, sac longchamp pas cher, tiffany and co, christian louboutin, louis vuitton outlet, jordan shoes, nike air max, tory burch outlet, christian louboutin uk, michael kors pas cher, ray ban sunglasses, replica watches

oakleyses said...

new balance, timberland pas cher, nike roshe run uk, converse pas cher, michael kors outlet online, michael kors outlet, hollister pas cher, polo lacoste, coach purses, nike tn, nike air force, true religion outlet, sac hermes, michael kors outlet, nike air max, michael kors, michael kors outlet, nike blazer pas cher, true religion jeans, coach outlet store online, lululemon canada, nike air max uk, burberry handbags, michael kors, ray ban pas cher, uggs outlet, true religion outlet, north face uk, coach outlet, abercrombie and fitch uk, michael kors outlet online, ralph lauren uk, guess pas cher, kate spade, mulberry uk, michael kors outlet online, ray ban uk, vans pas cher, hollister uk, nike free uk, sac vanessa bruno, uggs outlet, replica handbags, burberry outlet, hogan outlet, north face, oakley pas cher, michael kors outlet online, nike air max uk

oakleyses said...

ugg uk, doudoune moncler, canada goose uk, louis vuitton, moncler outlet, canada goose, pandora jewelry, canada goose jackets, canada goose outlet, hollister, supra shoes, canada goose outlet, ugg pas cher, moncler, links of london, canada goose, louis vuitton, replica watches, juicy couture outlet, montre pas cher, pandora jewelry, wedding dresses, moncler, canada goose, juicy couture outlet, louis vuitton, pandora uk, pandora charms, ugg,uggs,uggs canada, moncler, moncler outlet, swarovski crystal, louis vuitton, louis vuitton, karen millen uk, swarovski, coach outlet, ugg, moncler, thomas sabo, moncler uk, ugg,ugg australia,ugg italia, marc jacobs, canada goose outlet, toms shoes

AMISHA said...

Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp15 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Pembayaran yang fleksibel,
Suku bunga rendah,
Layanan berkualitas,
Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

Amisha said...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Lady Mia said...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

Mohammad Ismali said...

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Louis said...

Nice post

yanmaneee said...

jordan 13
lebron shoes
longchamp handbags
yeezy 700
jordan shoes
yeezy 350 v2
curry shoes
stephen curry shoes
yeezy boost
curry 6 shoes