Monday, December 18, 2006

Masih Mau Jadi Akuntan (2)? Saat Laporan Keuangan Berubah Wujud

Satu lagi perubahan besar yang mesti siap-siap diantisipasi oleh kita para akuntan dan para auditor, yaitu perubahan wujud pelaporan keuangan. Ya betul...laporan keuangan sedang direncanakan untuk diubah, tidak berubah total, tapi setidaknya ada banyak perubahan di bagian pengelompokan akun-akun demi terciptanya integrasi antara 3 laporan keuangan yang sudah ada (Laporan Posisi Keuangan-Neraca, Laporan Kinerja Keuangan-Laba/Rugi, dan Laporan Arus Kas).

FASB (IAI-nya Amerika) dan IASB (IAI-nya Global) sudah bertemu untuk membahas ide ini. Pertemuan mereka berjalan positif dan standar baru pelaporan keuangan diharapkan akan dapat dirilis sekitar tahun 2008-2009, untuk selanjutnya disosialisasikan kepada publik. Usulan laporan keuangan model baru ini dilandasi semangat untuk meningkatkan kualitas informasi laporan keuangan. Selama ini, banyak pihak memandang bahwa laporan keuangan terlalu terfokus pada laba perusahaan, laba per saham dan rasio-rasio laporan keuangan yang disusun dari neraca. Imbasnya, laporan keuangan menjadi objek manipulasi pihak-pihak yang menyusunnya. Selain itu, banyak pihak juga mengeluhkan sulitnya menggabungkan informasi yang terdapat di tiga laporan keuangan (Neraca, Laba/Rugi dan Arus Kas) tersebut, sehingga information cost dan opportunity cost yang ditimbulkan menjadi tinggi.

Dengan format pelaporan keuangan yang baru, seperti terlihat di bawah ini, dapat dilihat bahwa laporan keuangan perusahaan terlihat terhubung satu sama lain. Tambahan, gambaran operasi perusahaan juga terlihat dengan jelas di sana, di mana kita bisa melihat ringkasan aktivitas lewat pengelompokan: business, discontinued operation, financing dan income taxes. Lebih lanjut, format baru ini juga memberikan kita informasi sumber daya keuangan perusahaan dengan lebih transparan. Antara lain kita bisa mendapatkan informasi bahwa aset A dibeli memakai uang pinjaman bank atau memakai modal perusahaan. Selain itu, kita juga bisa dengan mudah melihat komponen Income suatu perusahaan, seberapa besar terdiri dari akrual (belum terealisasi dalam kas) dan seberapa besar terdiri dari kas. Hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi Income yang ada di Laba Rugi dengan operating cash flow di laporan arus kas.

Menurut hemat saya, format ini memang diperuntukkan untuk menjawab keinginan para investor dan analis laporan keuangan yang memang kerap mengeluh tentang sulitnya 'menyaring' informasi yang disajikan di laporan keuangan. Satu yang sedikit dilupakan oleh para 'dewa-dewa' di FASB dan IASB, bahwa angka-angka di laporan keuangan tersebut dihasilkan oleh kita-kita para akuntan dan diverifikasi oleh kita-kita para auditor. Perubahan format berarti juga perubahan standar dan pengetahuan, ini artinya kita harus bersiap mulai belajar dari nol lagi. Sekaligus, kita mesti bersiap-siap menjadikan buku akuntansi zaman kita sekarang sebagai barang antik!!

Rancangan Format Laporan Keuangan Yang Baru
http://www.fasb.org/project/financial_statement_presentation.shtml

Statement of Financial Position
Business
Operating assets and liabilities
-Short-term
-Long-term
Investing assets and liabilities
-Short-termLong-term
Discontinued operations
Financing
Financing assets
-Short-term
-Long-term
Financing liabilities
-Short-term
-Long-term
Equity
Income taxes
-Short-term
-Long-term

Statement of Earnings and Comprehensive Income
Business
Operating income
Investment income
Discontinued operations
Financing
Financing income
Financing expenses
Income taxes

Statement of Cash Flows
Business
Operating cash flows
Investment cash flows
Discontinued operations
Financing
Financing asset cash flows
Financing liability cash flows
Equity cash flows
Income taxes

10 comments:

Anonymous said...

weduw...denger isu ini aja belum tuh...

Anonymous said...

Hehehe.. sekilas cuma perubahan format aja nich Tots. Formatnya jadi lebih panjang. Berarti reportnya kudu format landscape :)

Kalo Cashflow (CF) dan Income Statement (IS) sepertinya gak ada perubahan dibandingkan format skrg. Namun CF-nya akan tampak lebih nyambung dengan Balance Sheet (BS) dan IS karena ada perubahan dalam format BS. Hal ini disebabkan format BS yang sudah disesuaikan dengan 3 aktivitas CF (Bussines/Operation, Investing & Financing). Kalo Discontinued Operation dari dulu jg sudah ada asal cocok dengan PSAK 58 (discontinued operation)saja. Kalo entitas mengadopsi PSAK discontinued operation maka BS,IS dan CF harus disajikan terpisah antara continuing dan discontinued operation.

Efek baiknya adalah bagi orang awam, non-akuntan or non-auditor bisa dapat info yg lebih informatif tanpa perlu mengolah Laporan Keuangan lagi.

Efek bagi akuntan sich gak berat hanya regrouping account saja baik di modul SIA-nya atau di laporan keuangan. Hanya saja bagi akuntan yg metoda CF-nya adalah indirect maka akan lebih sulit nembak angka CFnya hehehe. Karena kejanggalan di angka CF akan lebih mudah dideteksi mengingat format BS yang menyesuaikan CF. Analisis sederhana terhadap mutasi BS-IS dpt dengan mudah menemukan kejanggalan angka CF.

Nice info Bro..

Gatoso said...

Thanks tambahannya, Novan. Langsung dari praktisi nih...:)

1)Cash flow yang bakalan dikembangkan memang cashflow yang direct nantinya.
2)Untuk regrouping account, sekilas memang gampang...tapi buat yang ngerjainnya itu loh...hehehe..
3)Good point soal efek bagi orang awam, selain itu laporan keuangan baru ini bikin 3 laporan yang ada jadi lebih terintegrasi.
4) Kalo udah keluar standar dan diterapkan, tugas gua sebagai researcher, adalah melihat apakah format baru ini ada value relevance gak buat pengguna laporan keuangan.

Sekali lagi thanks atas kunjungan dan komentarnya...:)

Anonymous said...

Woiiii pak Gatoooooott!!!!!
HOU AR YU???
Dino

Anonymous said...

mas gatot kapan sebenarnya itu akan terwujud di indonesia ???

Anonymous said...

Good ideas

Anonymous said...

Aku dengar 2009 Indonesia mulai beralih nich... duh duh harus belajar lagi..ayo semangat!!!!

Gatoso said...

Dear all,
kabar terakhir FASB terus mengkaji project ini. kemungkinan besar PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN memang akan berubah, mungkin gak sekarang, tapi 10-15 tahun mendatang. IASB juga sedang melakukan riset tentang perubahan ini. Untuk sementara, jangan dibuang dulu buku akuntansinya heheheh

gatots

oakleyses said...

herve leger, valentino shoes, hollister, nike trainers uk, longchamp uk, iphone cases, mont blanc pens, ghd hair, nike air max, jimmy choo outlet, converse, converse outlet, insanity workout, lancel, beats by dre, nike air max, ralph lauren, mac cosmetics, mcm handbags, oakley, hollister clothing, nike huaraches, nike roshe run, asics running shoes, reebok outlet, timberland boots, vans outlet, ray ban, hermes belt, north face outlet, celine handbags, north face outlet, louboutin, instyler, gucci, abercrombie and fitch, baseball bats, chi flat iron, p90x workout, lululemon, bottega veneta, soccer shoes, soccer jerseys, nfl jerseys, hollister, babyliss, wedding dresses, vans, ferragamo shoes, new balance shoes

oakleyses said...

ugg uk, doudoune moncler, canada goose uk, louis vuitton, moncler outlet, canada goose, pandora jewelry, canada goose jackets, canada goose outlet, hollister, supra shoes, canada goose outlet, ugg pas cher, moncler, links of london, canada goose, louis vuitton, replica watches, juicy couture outlet, montre pas cher, pandora jewelry, wedding dresses, moncler, canada goose, juicy couture outlet, louis vuitton, pandora uk, pandora charms, ugg,uggs,uggs canada, moncler, moncler outlet, swarovski crystal, louis vuitton, louis vuitton, karen millen uk, swarovski, coach outlet, ugg, moncler, thomas sabo, moncler uk, ugg,ugg australia,ugg italia, marc jacobs, canada goose outlet, toms shoes